Sukses Mengelola Dana P2DK, Warga Desa Pelawan Jaya Mampu Beli Lahan Pertanian

SAROLANGUN – Lebih dari 50 warga Desa Pelawan Jaya Kecamatan Singkut menerima bantuan bibit tanaman dan pupuk pertanian serta hand tractor dari program P2DK Pemkab Sarolangun, Selasa (7/9) di rumah H. Aripin, Kepala Desa (Kades) Pelawan Jaya. Para warga yang terdiri dari 7 kelompok tani itu terlihat begitu antusias.

Antusiasme masyarakat menerima bantuan ekonomi kerakyatan ini karena sangat membantu masyarakat dalam peningkatan ekonomi keluarga, apa lagi pada masa pandemi ini.

Sudah terbukti, dari hasil pengelolaan dana P2DK tahun sebelumnya, sudah ada warga Desa Pelawan Jaya Kecamatan Pelawan  yang mampu membeli lahan pertanian.

Hal ini merupakan suatu bukti bahwa program P2D (Percepatan Pembangunan Desa) yang digelontorkan di desa dan program P2K (Percepatan Pembangunan Kelurahan), yang secara umum dikenal dengan program P2DK sudah begitu nyata dan terbukti manfaatnya dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Sarolangun.

H. Aripin Kades Pelawan Jaya dalam keterangannya kepada media ini mengatakan tahun ini bantuan dana P2DK Desa Pelawan Jaya dimanfaatkan pada bidang ketahanan pangan, seperti tahun lalu. Bantuan tersebut adalah satu unit handtractor, bibit dan pupuk tanaman pangan.

“Tahun ini bantuan dana P2DK Desa Pelawan Jaya kita manfaatkan pada bidang ketahanan pangan dengan bantuan satu unit handtractor, bibit tanaman pangan dan pupuk, pokoknya apa yang disenangi warga untuk usaha dalam rangka menunjang perekonomian, itu yang kita bantu,” kata Kades Aripin, Senin 13 September 2021.

Kades Aripin menambahkan, suksesnya kelompok tani Desa Pelawan Jaya dalam mengelola dana P2DK dapat menunjang peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, sehingga ada anggota kelompok tani yang mampu membeli lahan pertanian hasil mengelola dana P2DK.

“Anggota kelompok tani Desa Pelawan Jaya sudah ada yang mampu membeli lahan pertanian hasil mengelola dana P2DK, namanya Pak Romi, sebelumnya hanya menumpang di tanah warga. Baru baru ini pak Romi bersama anggota kelompoknya panen 60 ton semangka,” terang Kades yang akrab disapa Haji Ripin, ini.

Lanjut Haji Ripin, masyarakat desa yang dipimpinnya sudah begitu akrab dengan program P2DK unggulan Bupati Cek Endra ini, apa lagi dengan manfaat program yang secara langsung sudah dapat dinikmati masyarakatnya, seperti hasil ternak sapi dari dana P2DK tahun tahun sebelumnya.

“Kalau dari pemeliharaan sapi, sudah ratusan masyarakat yang memiliki sapi hasil gaduhan sapi P2DK yang pengelolaannya digulirkan pada warga,” ucap Haji Ripin.

Bukan itu saja, dari hasil dana P2DK tahun sebelumnya juga ada kelompok tani yang menanam ubi racun, saat ini hampir panen.

“Sekarang ada kelompok tani kita hampir panen ubi racun seluas satu hektar, , dananya dari pengembangan dana P2DK tahun lalu,” tambah Haji Ripin.

Menanggapi keberhasilan P2DK Desa Pelawan Jaya, Mulyadi Kadis PMD Kabupaten Sarolangun mengucapkan terimakasih dan apresiasinya, Ia menyebut keberhasilan program P2DK Desa Pelawan Jaya patut dicontoh bagi desa lainnya.

“Kita berterimakasih kepada masyarakat Desa Pelawan Jaya yang telah memanfaatkan dana P2DK dengan baik, dan telah dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, ini patut dicontoh oleh desa lainnya,” kata Kadis Mulyadi. (AF)