Subling bersama Bapak Bupati Sarolangun dan Kegiatan Isra’ Mi’raj

Elmadinanews.com
Subling Pemkab Sarolangun ke 359 dan Peringatan Isra’ Mi’raj, Bupati Cek Endra Datangkan Penceramah dari Yaman

Elmadinanews.com- Bupati Sarolangun Cek Endra bersama pejabat jajaran Pemkab Sarolangun melaksanakan Subling ke 359 sekaligus Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad . SAW tahun 1443 H / 2022 M di Masjid As-Sulthon Sarolangun, Selasa 15 Februari 2022.

Pada Peringatan Isra’ Mi’raj ini Bupati Cek Endra mendatangkan penceramah Syech Muhammad Bin Abu Bakar Alkhotib dari Tahrim Hadromaut – Yaman, bersama translator bahasa Muhammad Fachrul Rozi Bin Hambali, dengan tema “Perbaikilah Shalatmu, Allah SWT akan Perbaiki Hidupmu’, ikut hadir para pimpinan pondok pesantren dan masyarakat setempat.

“Tema peringatan Isra’ Mi’raj kita hari ini ‘Perbaikilah Shalatmu, Allah SWT akan Perbaiki Hidupmu’ tema ini sudah kita singgung pada Subling sebelumnya. Mudah-mudahan Bumi Sepucuk Adat Serumpun Pseko terhindar dari malapetaka,” ucap Bupati Cek Endra pada sambutannya.

Peringatan Isra’ Mi’raj ini diharapkan dapat diambil hikmahnya untuk meningkatkan ibadah, diantaranya dengan melaksanakan shalat berjamaah dan memakmurkan masjid sebagaimana program shalat berjamaah Pemkab Sarolangun yang dipelopori Bupati Cek Endra dan telah berlangsung hampir lima tahun.

Peringatan Isra’ Mi’raj diawali dengan pembacaan Ulumul Quran oleh Syech Muhammad Bin Abu Bakar Alkhotib (Syech Mohammad) dan pembacaan ayat suci Alquran oleh Qory Muhammad Mawardi.

Dalam tausiyahnya, Syech Muhammad menguraikan keutamaan shalat subuh berjamaah begitupun shalat wajib pada waktu lainnya.

Mengutip isi tausiyah, Shalat subuh adalah shalat pertama kali diwajibkan Allah sebelum shalat fardhu lainnya pada peristwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, dan kewajiban shalat adalah perintah Allah SWT yang diterima Nabi Muhammad di Langit ke tujuh.

“Menjaga shalat membuat orang yang menjaganya bahagia dunia akhirat. Menjaga shalat lima waktu adalah pekerjaan mulia bagi umat Muslim, sedangkan penyebab manusia masuk neraka syaqor adalah mereka yang lalai dalam shalatnya,” kata Syech Mohammad.

Lanjut Syech Muhammad, Orang yang mengutamakan shalat dari pada pekerjaannya, akan menjadi penghuni syurganya Allah SWT. Nabi Muhammad telah membimbing umatnya agar tidak melalaikan shalat. (*)