H.Hasan Basri Husein SH, di Prov Jambi, Baru BAZNAS Sarolangun yang miliki Kampung Zakat (ZISra): Desa Meranti Jaya.

Elmadinanews.com

Peresmian Kampung Zakat Infaq Shodaqoh Sejahtera (ZISra): Desa Meranti Jaya Kecamatan Mandiangin Timur    Selasa 9 Agustus 2022.

PJ Bupati Sarolangun
Resmikan Desa Meranti Jaya
Sebagai Kampung Zakat Infaq Shodaqoh Sejahtera (ZISra) dan launching Kotak infaq dan shodaqoh sekaligus merayakan 10 Muharram 1444H.

Dalam kesempatan tersebut juga hadir Ketua BAZNAS Prov Jambi Bapak H.Hasan Basri Husein SH.

Terpilihnya Desa Meranti Jaya sebagai
Kampung Zakat Infaq Shodaqoh Sejahtera (ZISra) ini adalah: Wujud Penghargaan dan Apresiasi BAZNAS Kabupaten Sarolangun kepada UPZ Desa Meranti Jaya karena sebagai pengumpul terbanyak Zakat/ Infaq /shodaqoh dari Masyarakat.

Sebelum terbentuknya UPZ Desa Meranti Jaya, pengumpulan ZIS hanya berkisar Tiga Juta Rupiah dalam sebulan, setelah mendapat binaan dari BAZNAS Kabupaten Sarolangun sekarang UPZ Desa Meranti Jaya sudah dapat mengumpul menimal 10 juta rupiah dalam 1 bulannya.

Dalam kegiatan peresmian Desa Meranti Jaya sebagai Kampung Zakat Infaq Shodaqoh Sejahtera (ZISra):  PJ Bupati Sarolangun Bapak Henrizal SPt MM menyampaikan arahan:

Atas nama Pemerintah Kabupaten Sarolangun, Saya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik atas dilaksanakan acara ini, dengan harapan agar kita semua memahami dan pentingnya Zakat Infaq dan Shodaqoh untuk kesejahteraan Umat.

Salah satu Rukun Islam yang mempunyai keutamaan dan keistimewaan adalah zakat, Zakat memiliki potensi besar untuk membantu perekonomian Umat. Zakat berpotensi besar dalam menanggulangi kemeskinan.

Kampung Zakat mengadopsi perogram Kementerian Agama. Dalam perogram ini sekelompok masyarakat berpenghasilan rendah akan dibina dan diberdayakan dengan dana zakat, infaq dan shodaqoh, dari Baznas Kabupaten maupun BAZNAS Provinsi.

Perogram ini merupakan wujud inovasi kebijakan yang lebih berbasis pencapaian output dan outcome. Dengan pemberdayaan masyarakat, maka hasilnya jelas langsung dirasakan oleh penerima. Dalam perogram Kampung Zakat pendekatan Agama diambil karena posisi Agama secara inheren menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat.

Kami sangat mendukung sekali kegiatan seperti ini, dan berharap tidak hanya disini saja, hal serupa bisa segera terealisasi di seluruh Kecamatan di Kabupaten Sarolangun sebagai bentuk upaya menyadarkan masyarakat untuk saling berbagi.

Editor team redaksi elmadinanews.com