Informasi: Amanat Undang-undang Honorium/ gaji Pimpinan BAZNAS dialokasikan dalam APBN/ APBD

Elmadinews.com

Sebuah harapan dalam impian,
mudah – mudahan terwujud.

Informasi tentang: Peng-alokasian dana Honorarium/ gaji Pimpinan Baznas.

-Amanat UU/PP tentang zakat bahwa
honorium/gaji Pimpinan BAZNAS
masuk dalam APBN/APBD.

-Apabila Honorium/ gaji Pimpinan BAZNAS dibayar Pemerintah Pusat/Daerah, maka dana Amilin atau dana  pendapatan dari pembagian zakat dapat digunakan untuk Peningkatan Serana/Praserana terutama Pengadaan Gedung Baznas Sarolangun.

-UU no 23 tahun 2011 tentang Zakat
PP no. 14 tahun 2014 petunjuk pelaksanaan UU tentang Zakat, meng-amanatkan bahwa Honorium/Gaji Pimpinan Baznas dibayar/dianggar dalam APBN/APBD.

-BAZNAS adalah Lembaga Pemerintah non Struktural diberi amanat untuk mengambil Zakat dari umat Islam sebagaimana diatur dalam PP 14 tahun 2014.

-Amanat UU dan PP tentang Zakat: Untuk kepentingan operasional terutama gaji/Honorium Pimpinan Baznas diharapkan dapat dianggarkan dalam APBN/APBD sesuai tingkatan BAZNAS.

-Dalam Per-BAZNAS dijelaskan apabila Honorium/Gaji Pimpinan Baznas belum/tidak dianggarkan dalam APBN/APBD, maka Hak A’milin yang diperoleh dari pembagian Zakat (Asnaf 8), dapat digunakan untuk membayar Honorium/gaji Pimpinan/Staf BAZNAS atau keperluan lainnya, dengan ketentuan atas persetujuan Rapat pleno Pimpinan Baznas.

Sebuah Harapan:
-Apabila amanat UU/PP tentang Zakat
dapat dilaksanakan atau dengan kata lain:
Hororium/Gaji Pimpinan Baznas dianggarkan dalam APBN/APBD,

maka dana hak Amilin dapat digunakan untuk meningkatkan serana praserana BAZNAS atau idealnya BAZNAS miliki Gedung/Kantor tersendiri untuk maksimalkan pelayanan kepada Mustahik
atau kaum Dhua’fa.

harapan dalam impian insyaallah
mudah-mudahan terwujud.
Amin ya rabbal a’lamiiin.

Team Editor Elmadinanews.com
Drs H.Elmi SH MPd