Bupati Cek Endra Himbau Kades dan Lurah Segera Cairkan Dana P2DK

Drs. H. Cek Endra Bupati Sarolangun

SAROLANGUN – Bupati Sarolangun Drs. H. Cek Endra menghimbau 71 Kades dan Lurah se Kabupaten Sarolangun untuk segera mencairkan dana program P2DK (Percepatan Pembangunan Desa dan Kelurahan) tahun 2021, karena 71 Kades dan Lurah tersebut belum mencairkan dana program pemberdayaan ekonomi masyarakat Kabupaten Sarolangun itu.

Dari imformasi yang dihimpun hingga diterbitkannya berita ini hanya 78 Desa/Kelurahan yang sudah mencairkan dana P2DK tahun 2021, sedangkan 71 Desa/Kelurahan belum cair, atau hanya sekitar 55 persen yang sudah cair dari 158 Desa dan Kelurahan yang ada di Kabupaten Sarolangun.

Dari keterangan dinas terkait, 71 Desa/Kelurahan tersebut masih dalam proses pencairan, termasuk 53 Desa yang Kadesnya baru dilantik, hasil Pilkades Serentak pada 15 Juli tahun 2021 lalu.

Menanggapi masih banyaknya Desa/Kelurahan yang belum mencairkan dana P2DK tahun ini, Bupati Cek Endra menghimbau 71 Kades/Lurah tersebut agar segera mencairkannya.

Bupati Cek Endra menginginkan pencairan dana untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat itu dilakukan segera, agar dana tersebut dapat cepat bermanfaat bagi masyarakat dan adanya percepatan pembangunan ekonomi Desa dan Kelurahan.

“Kami menghimbau kepada seluruh Kades dan Lurah yang belum cair, untuk segera mencairkan dana P2DK agar ada percepatan pembangunan ekonomi Desa dan Kelurahan,” kata Bupati Cek Endra, Minggu 12 September 2021.

Pada 7 tahun sebelumnya dana P2DK digelontorkan Rp. 200 Juta per Desa/Kelurahan, namun Bupati mengakui dengan kebutuhan dana yang besar untuk penanganan dan pencegahan covid 19 pada masa pandemi ini, dana P2DK mengalami penurunan, yaitu menjadi Rp. 100 Juta per Desa/Kelurahan.

“Ya, nominal dana P2DK tahun 2021 ini mengalami penurunan karena refocusing untuk dana covid19,” terang Bupati.

Terkait pandemi covid 19, Bupati Cek Endra telah menabuh perang terhadap virus penyebab kematian terbesar menurut lembaga kesehatan dunia pada dua tahun terakhir ini, sehingga Ia berkampanye di 11 kecamatan menyempatkan diri mensosialisasikan pencegahan covid 19 pada momen pelantikan 53 Kades hasil Pilkades serentak 2021 dalam Kabupaten Sarolangun.

Bagi Bupati Cek Endra, pelantikan kades terpilih harus dilakukan dengan cepat, menurutnya dalam pencegahan Covid 19 perlu tindakan manajemen lapangan yang cepat, pentingnya sosialisasi dari Kades depenitif dalam mencegah Covid 19.

Bupati Cek Endra menaruh harapan kepada 53 Kepala Desa (Kades) yang baru, sebagai pemegang amanah masyarakat untuk dapat mensejahterakan masyarakatnya.

Dan dalam pidatonya pun, Bupati Cek Endra mengungkapkan pesan-pesan terkait pencegahaan Covid 19, para Kades diharapkan mendukung program pencegahan Covid 19.

Bupati Cek Endra mempunyai pesan khusus dalam pencegahaan Covid 19, para Kades harus mendukung program pencegahan Corona, Kades harus secara intensif mensosialisasikan dan mengajak masyarakat agar melaksanakan protokol kesehatan dan mau divaksin.

“Secara khusus saya berpesan, Kades yang baru dilantik harus mendukung program pencegahan Corona di desanya masing-masing, dengan bersosialisasi mulai dari bagaimana agar masyarakat menggunakan masker, sering mencuci tangan dan menjaga jarak serta mengajak masyarakat agar mau divaksin,” pesan Bupati Cek Endra pada sebuah momen pelantikan Kades tahun ini, Ia juga berharap masyarakat tahu bahwa vaksinasi adalah salah satu cara untuk melindungi diri dari tertularnya virus corona. (AF)